Musrenbang Tingkat Kabupaten Barru

Wednesday, 12 March 2014

Barru- Rabu, 12 Maret 2014 bertempat di Aula Colliq Pujie Kantor Bupati Kabupaten Barru telah diadakan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kabupaten Barru untuk penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) tahun anggaran 2015. Acara ini dihadiri oleh Bupati Barru Ir.H. Andi Idris Syukur, MS, yang  mewakili Gubernur Sulsel yaitu Ka. Balitbangda Provinsi Sulsel Ir.H. Idrus Hafidz, M.Si, jajaran Forkominda Kabupaten Barru, segenap Anggota DPRD Kabupaten Barru, kepala SKPD lingkup Kabupaten Barru, serta  lurah dan kepala desa. Musrenbang kali ini mengusung Tema “Peningkatan Kualitas Manusia Yang Taat Azas dan Kesejahteraan Masyarakat, Melalui Tata Kelola Yang Baik dan Peningkatan Daya Saing Daerah”

Dalam sambutan Gubernur yang diwakili oleh Ka.Balitbangda mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh perencanaan yang berkualitas, untuk itu diharapkan Musrenbang Kabupaten ini dapat menghasilkan kesepakatan usulan-usulan program dan kegiatan prioritas yang dapat bersinergi dengan perencanaan Provinsi Sulsel maupun Nasional. Sinergitas perencanaan kabupaten, provinsi dan nasional dapat lebih ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ir. H. Andi Idris Syukur, MS menjelaskan keberhasilan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan memasuki empat tahun masa jabatan, menunjukkan kemajuan yang berarti. Dengan melihat dari meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Barru dari angka 71,70 pada tahun 2012 menjadi 71,93 pada tahun 2013, angka penduduk miskin sebanyak 9,28 persen pada tahun 2013 mengalami penurunan dibanding tahun 2012 angka 9,58 persen. Kemudian meningkatnya pertumbuhan ekonomi dari angka 7,77 persen pada tahun 2012 menjadi 7,80 persen pada tahun 2013 dan rata-rata lama sekolah mencapai 7,89 pada tahun 2013 atau meningkat dibandingkan tahun 2012 yang mencapai 7,87. Ditegaskan oleh Bupati Barru bahwa keberhasilan yang telah dicapai berkat kerja keras dan kerjasama pemerintah kabupaten Barru pada semua tingkatan dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat dan peran aktif Pemerintah Provinsi Sulsel maupun Pemerintah Pusat utamanya dalam hal pembiayaan dan diharapkan pada masa yang akan datang dapat lebih ditingkatkan.

Di akhir sambutan, Bupati Barru mengatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Barru diharapkan dapat menyepakati prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi dan nasional. Perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolak ukur akuntabilitas, profesionalisme dan bobot pelayanan publik dewasa ini. Sebab jika tidak trasparan dan akuntabel akan menimbulkan citra yang “negatif” terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah. Diharapkan pula kerjasama dan kerja keras semua pihak sehingga Visi dan Misi Kabupaten Baru dapat terwujud demi menciptakan Kabupaten Barru Yang Lebih Baik. (ledy humas)

Editor: AJem

[[Geller]]